Pengertian HTML

on 05/03/10

HTML (Hypertext Markup Language) adalah sebuah format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dibaca dari satu platform ke platform lain tanpa membuat perubahan apa pun. Dokumen HTML sebenarnya adalah dokumen teks biasa, sehingga platform apapun dapat membaca dokumen.
Dokumen HTML markup language yang disebut karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan teks dan tingkat kepentingan dalam dokumen, seperti menentukan di mana sebuah gambar akan muncul dan apa jenis format yang diterapkan pada kumpulan teks tertentu, bahkan juga dapat membuat sebuah tabel, bentuk atau dengan bingkai di dalamnya dengan menggunakan tanda HTML.

Hypertext Markup Language adalah bahasa World Wide Web digunakan untuk mengatur dan bentuk dokumen yang akan ditampilkan pada browser program. Dalam HTML link hypertext, atau gunakan teks link dengan dokumen lainnya. Dengan demikian dokumen bias pengguna melompat dari satu dokumen ke dokumen lain dengan mudah.

HTML Editor Program


Pada dasarnya, untuk membuat dokumen HTML ada dua cara, yaitu:
a. Menggunakan editor teks (default Windows), seperti Notepad.
b. Alat bantu perangkat lunak, seperti Ultra Edit, Ms. Front Page, dan lain-lain.

Resources


Sumber daya harus siap untuk mempelajari HTML adalah:
a. Komputer dengan sistem operasi Windows.
b. Program Notepad pada Windows (bias ditemukan di Start / Program / Accessories / Notepad).
c. Program browser di Windows, seperti Internet Explorer atau Netscape Navigator.

Struktur dasar bahasa HTML


Seperti kebanyakan dokumen, dokumen HTML terdiri dari teks, teks dan bahkan lebih dari itu.
Dokumen HTML juga dapat berisi gambar, suara atau video.
Satu hal yang membedakan dokumen HTML dengan dokumen lain, yaitu adanya elemen HTML dan tag. Elemen dan tag HTML untuk memformat atau fungsi untuk menandai bagian tertentu dari dokumen HTML dan juga untuk menentukan struktur bagian tersebut dalam dokumen HTML. Elemen dan tag yang merupakan karakteristik dari suatu dokumen. Struktur dasar bahasa HTML adalah sebagai berikut:

<html> ----> mulai HTML

<head> ----> memulai judul

<title> ... .... </ title> judul konten ---->

</ head> ----> akhir judul

<body> ... .... </ body> ----> memulai dokumen HTML

</ html>



kepala berisi informasi tentang dokumen, seperti judul dokumen, menjembatani hubungan antara dokumen, menceritakan browser untuk membuat form pencarian.

<title> ... .... </ title> , tag ini digunakan untuk menampilkan judul dokumen, dan biasanya akan ditampilkan dalam judul browser bar atau di atas dokumen.

Tubuh berisi layout atau desain halaman web. Semua teks atau gambar tag diketik antara <body> ... .... </ body> akan ditampilkan oleh browser jendela utama yang dibaca.

a)

Konsep Dasar Elemen


Dalam dokumen HTML, elemen dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu <head> unsur-unsur yang menyediakan informasi seperti dokumen, seperti judul dokumen atau hubungan dengan dokumen lain serta <body> unsur-unsur yang menentukan bagaimana isi dokumen dapat dilihat oleh browser, seperti paragraf, daftar, tabel, dan lain-lain .

b)

Konsep Dasar Tag


Pada saat browser menampilkan suatu halaman web, browser akan membaca teks dalam HTML dan dokemen menemukan kode khusus yang disebut tag . Tag ini diungkapkan oleh tanda lebih kecil (<). Tag biasanya pasangan yang disebut tag awal dan tag akhir. Tag awal dinyatakan dalam bentuk , sedangkan tag akhir dinyatakan dalam bentuk .

0 komentar:

Posting Komentar